Bagian-bagian Kabel NYYHY

Di dunia kelistrikan penggunaan kabel nyyhy termasuk paling banyak dibanding kabel lain, karena jadi andalan untuk instalasi listrik rumahan. Tapi memang tak semua orang mengenal isi dalam dari kabel tersebut, mungkin hanya sekedar tahu nama kabel, lalu order di toko penjual kabel listrik dan bawa pulang. Padahal mengetahui bagian-bagiannya sangat penting, agar tidak salah saat pemasangan.

Kabel yang identik dengan warna hitam ini, memiliki beberapa bagian penting yang punya fungsinya masing-masing. Kurang satu bagian saja, maka kabel pasti tidak akan bisa digunakan. Lantas apa saja bagian-bagian pentingnya yang harus diketahui?

Bagian Kabel Nyyhy

Tiga bagian utama dari kabel yang tidak cocok jika digunakan pada luar ruangan ini, pada umumnya juga dimiliki oleh kabel listrik jenis lain yaitu:

  1. Konduktor

Adalah bagian inti dari kabel yang memiliki tugas menghantarkan arus listrik ke tempat tujuan. Pada kabel nyyhy bagian ini terbuat dari tembaga jenis serabut, dan biasanya bagian inti ini terdapat kebih dari satu bagian serabut tembaga.

  1. Isolator

Merupakan bagian yang memisahkan konduktor dengan arus di luarnya, bagian ini terbuat dari polyvinyl chloride dengan kualitas beragam. Semakin bagus kualitas bahannya akan semakin kuat dia melindungi konduktor, dari pengaruh kondisi di luar inti kabel tersebut.

  1. Pelindung Luar

Adalah bagian paling luar dari kabel yang juga terbuat dari bahan polyvinyl chlorida, dan biasanya berwarna hitam pekat mengkilap. Fungsi dari bagian ini adalah untuk melindungi keseluruhan isi kabel dari kemungkinan kontaminasi suhu, kelembaban, bahkan panas dari luar kabel.

Karakteristik Bagian Kabel Nyyhy

Masing-masing bagian dari kabel nyyhy memiliki karakternya masing-masing, yang membuat kabel listrik ini spesifik untuk penggunaan rumah tangga terutama di dalam ruangan. Pertama konduktor yang memiliki karakter  aktif saat menerima aliran listrik, jadi ketika stop kontak dihidupkan dan tersambung pada kabel ini, maka bagian inti atau konduktor akan langsung mengalirkan listrik.

Konduktor pada kabel ini memiliki maksimal arus yang bisa dialirkan, makanya hanya cocok untuk penggunaan di rumah dengan kapasitas daya 900 watt. Jika dipaksakan mengalirkan listrik untuk data di atas 900 watt, maka kabel rentan rusak dan berakibat pada serangan arus pendek yang akan membahayakan manusia.

Bagian isolator juga memiliki karakter sendiri, dimana bahan poliyvinyl chloridenya memiliki ketahanan yang terbatas. Makanya sangat disarankan Anda menggunakannya hanya untuk di dalam ruangan saja, kalau memaksakan penggunaan di luar ruangan akan banyak resikonya. Seperti digigit tikus karena isolator tidak tahan terhadao gigitan hewan pengerat tersebut.

Selanjutnya adalah karakter pelindung terluar dari kabel yang cukup mumpuni, terutama dalam menahan air masuk ke bagian dalam kabel. Serta memastikan panas berlebih di luar kabel tidak mengganggu kinerja kabel secara keseluruhan. Tapi suhu panas yang ditolerirnya juga terbatas, maka tidak dianjurkan untuk diletakkan di daerah panas luar ruangan rumah.

Pelindung luar ini juga memiliki karakter elastis bisa menahan tekanan isolator dan konduktor, ketika kabel harus dilekukkan sedemikian rupa saat digunakan untuk instalasi. Jadi kabel tidak akan mudah sobek dan rusak.

Demikianlah penjelasan tentang bagian dari kabel nyyhy yang perlu Anda ketahui, walaupun mungkin Anda bukan orang dengan latar belakang elektronika atau kelistrikan. Siapa tahu suatu hari nanti Anda melakukan perbaikan kabel sambungan kulkas atau alat elektronik di rumah sendirian, tanpa bantuan ahli. Ketika kabel yang digunakan adalah nyhh, akan lebih mudah saat memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *