Ukuran Kamar Ideal untuk Pasangan

Apa yang paling disukai dari bagian rumah? Mungkin sebagian orang akan menjawab kamar tidur. Bagian rumah yang satu ini dianggap cukup penting, karena kamar tidur merupakan tempat untuk para penghuni melepas lelah dan juga beristirahat. Menata kamar juga tidak boleh asal – asalan dan wajib memperhatikan nilai estetika. Hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan untuk menunjang kualitas tidur para penghuninya.

Ukuran kamar tidur juga bisa berpengaruh dalam meningkatkan kualitas tidur. Kamar yang terlalu sempit tidak baik buat kesehatan, karena cenderung memiliki sirkulasi udara yang buruk. Namun, kamar yang terlalu luas juga belum tentu membuat penghuninya menjadi nyaman. Lantas bagaimana ukuran kamar tidur ideal terutama untuk pasangan? Langsung saja cek ulasannya di bawah ini.

Menggunakan Warna Cat yang Tepat

Untuk mendapatkan ukuran kamar yang didambakan, Anda bisa menyiasatinya dengan penggunan permainan warna cat pada dinding. Supaya mendapatkan kamar tidur yang berkesan luas, maka bisa memakai cat berwarna cerah seperti putih, gading, biru, tosca atau krem. Warna – warna cerah cenderung membuat kamar lebih nyaman.

Pemilihan Tempat Tidur 

Ukuran tempat tidur sangat menentukan kualitas tidur para penghuni rumah. Oleh sebab itu, pilihlah tempat tidur yang sesuai dengan ukuran kamar. Jangan sampai kamar menjadi sempit karena ukuran tempat tidur terlalu besar. Untuk pasangan, ukuran yang pas yaitu berkisar antara 160 x 200 cm atau 200 x 200 cm.

Pencahayaan Kamar Tidur

Pencahayaan Kamar Tidur Pasangan

Pencahayaan yang tepat dapat mempengaruhi ukuran kamar tidur. Cahaya yang remang – remang akan membuat kamar terkesan sempit, untuk mendapatkan kamar pasangan yang nyaman maka sesuaikan jumlah lampu dengan ukuran kamar. Pencahayaan siang hari bisa diperoleh dari sinar matahari, sehingga penempatan ventilasi bisa mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamar. Selain itu, pembuatan plafon usahakan dibangun cukup tinggi supaya sirkulasi udara bagus. Sekarang ini sudah banyak yang jual plafon akustik, dengan harga bermacam – macam. Usahakan pada kamar yang luas, untuk malam hari bisa memakai lampu lebih terang supaya kamar tidak terkesan ‘singup’ atau gelap.

Penggunaan Furniture

Pemilihan furniture atau perabot yang tepat dapat membuat ukuran kamar tidur terkesan lebih luas. Pilihlah perabot kamar dengan desain minimalis, supaya tidak memakan banyak tempat. Selain itu, furniture yang mahal belum tentu bisa membuat kamar lebih nyaman. Oleh sebab itu, sesuaikan perabot dengan budget yang dimiliki.

Menata kamar tidur tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika menyangkut 2 (dua) orang harus didiskusikan terlebih dahulu satu sama lain supaya mencapai kesepakatan. Untuk pemakaian lantai dan juga plafon pada kamar tidur pasangan juga wajib diperhatikan. Untuk pemasangan plafon, biasanya para pasangan mendambakan kamar yang bebas bising. Oleh sebab itu, disarankan memakai plafon jenis akustik. Plafon ini berfungsi untuk meredam suara bising yang berasal dari luar, supaya tidak bisa menembus ke dalam. Plafon akustik dapat dibeli di toko bangunan yang jual plafon akustik murahHarga yang ditawarkan juga beraneka ragam tergantung ukuran plafon yang ditawarkan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memperoleh ukuran kamar yang ideal untuk pasangan. Dengan beragam aktivitas yang telah dilakukan oleh para pasangan, seperti bekerja, mengurus anak atau beres – beres rumah tentu membutuhkan istirahat yang berkualitas. Oleh sebab itu, penataan kamar yang tepat sangatlah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *