Inspirasi Motif Tembok

Apakah kamu gemar berkreativitas dengan melakukan berbagai upaya dekorasi rumah sendiri? Jika iya, tentu kamu tak akan membiarkan interior huniamu meliputi, furniture, pintu, gorden jendela, sampai dengan permukaan tembok di suatu ruanganmu itu sepi akan unsur – unsur estetik nan penuh makna.

Khusus untuk bagian tembok, mengingatnya mencakup area arsitektural yang begitu luas, bagian ini adalah kanvas terbaik bagi kamu untuk menuangkan ide – ide visual dari dalam benakmu. Ada banyak jenis karya visual dengan aneka istilah unik terkait hal tersebut. Diantaranya seperti graffiti, mural, hingga yang paling sederhana yakni bermain dengan pattern atau motif.

Tahapan Buat Permukaan Tembok Berhiaskan Motif dengan Cat

Pada artikel ini kami akan memberikan semacam petunjuk bagi kamu dalam merealisasikan motif tembok buatanmu sendiri menggunakan cat. ‘Senjata’ yang perlu dipersiapkan pun cukup sederhana yakni terdiri dari selotip, gunting, pensil,  kertas karton, cutter, dan kuas roller.

Sementara itu untuk bahannya adalah cat tembok dasar yang ditemani cat tembok warna sesuai kebutuhan.

Jika sudah siap mari kita mulai!

Pertama – Merancang Motif Tembok

Betapa pun bagus rupa motif yang bersemayam di ‘ruang seni’ dalam otak kamu tidak mungkin begitu saja bisa langsung dieksekusi pada tembok ruangan. Beberapa orang (ahli) boleh jadi bisa, namun akan lebih sempurna hasilnya bila kamu lebih dulu merancangnya di atas kertas.

Disinilah kertas karton mengambil perannya. Silahkan goreskan bentuk motifnya pada media gambar tersebut.

Karena ini adalah motif maka akan sangat praktis nantinya jika kamu membuatnya berpola secara repetisi dengan sisi – sisi yang simetris. Metode itu akan memudahkan kamu saat mengaplikasikan motif di tembok dengan presisi.

Jika desain sudah selesai lanjutkanlah dengan menjadikan kertas karton berlubang sesuai motif tadi menggunakan cutter. Manfaatkan hasil dari proses pelubangan ini sebagai cetakan.

Kedua – Kondisikan Ruangan Dimana Permukaan Tembok Berada

Sulit untuk menjamin cipratan tak terkendali dari cat tembok tidak menodai aspek ruangan lainnya. Maka dari itu sebelum mulai mengecat lakukan pengkondisian.

Antara lain seperti memindahkan sementara furniture, menutupi area lantai dengan terpal atau koran bekas, serta melepas pajangan dinding.

Jangan sampai terlewatkan juga untuk melepas roller blind murah dari jendela di dekat pengecatan. Maksud kami gorden, kerai, atau entah apa jenisnya yang kamu gunakan.

Intinya amankan setiap benda yang beresiko terpapar cipratan cat.

Ketiga – Pekerjaan Utama Alias Pengecatan

Pada langkah ini, mulai lah dengan lebih dulu melapisi permukaan tembok dengan cat dasar.  Lapisan pertama ini berguna untuk memperbaiki sekaligus memperkuat permukaan tembok. Lakukan proses pengecatan ini secara keseluruhan. Lalu tunggu hingga mengering.

Jika sudah kering, ambil cetakan motif kemudian tempelkan di tembok memakai selotip. Manfaatkanlah kuas roller untuk mendapatkah hasil cat motif yang rata di tiap titiknya.

Ingat, cetakan yang kamu buat menggunakan kertas karton tentu ukurannya hanya sebagian kecil dari luas permukaan tembok. Maka dari itu demi efisiensi waktu setiap selesai mengecat motif di satu posisi tidak perlu menunggu cat benar – benar kering. Cukup sekiranya saat cat sudah tidak luntur lagi, lepaskan cetakan kemudian pasang di posisi selanjutnya.

Terus ulangi pekerjaan tersebut sampai semua permukaan tembok mendapat giliran diberi motif. Ketika pengecatan ini selesai maka berarti kamu sudah berhasil memenuhi permukaan tembok dengan motif buatanmu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *