Tips Atur Sound System yang Benar untuk Aula

Penggunaan sound system dalam sebuah acara atau kegiatan, pastinya tidak bisa dihindarkan. Baik acara outdoor maupun indoor, alat yang satu ini wajib ada demi menunjang kelancaran dan keseruan acara nantinya. Bagi sebagian orang, akan berpikir bahwa sound system bisa diletakan dan diaplikasikan secara bebas. Siapa sangka, ada ketentuan khusus yang menyertai pengaturan sound system khususnya di aula. Lantas, bagaimana pengaturannya yang tepat? Berikut tipsnya!

Cek Akustik Ruang

Berbeda dengan kondisi outdoor, ketika Anda akan memasang sound system di ruangan, maka akustik ruang harus melalu proses pengecekan. Pengecekan ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana tingkat penyerapan suara di dalam aula tersebut. Seperti yang diketahui, dalam sebuah ruangan seringkali adanya pantulan suara atau gema yang pasti akan menganggu, terlebih setelah dipasangkan audio. Jika ternyata efek pantulannya cukup tinggi, maka pihak instalasi bisa mengantisipasinya terlebih dahulu.

Tak hanya perihal kondisi ruangannya saja, namun kondisi lain pun perlu diperhatikan. Pada dasarnya, instalasi ini bisa berhubungan dengan masalah mekanikal elektrikal, Anda bisa meminta bantuan pihak konsultan atau kontraktor ME dalam pengaturan dan pemasangannya.

Sesuaikan Tata Letak yang Tepat

Tips lain dalam mengatur sound system di aula atau area indoor tentu penyesuaian tata letak penyimpanan nantinya. Jika pada outdoor, penempatan ini lebih fleksibel, berubah-ubah dan bisa disimpan di mana saja. Berbeda dengan penempatan di sebuah aula, apalagi ruangan aula tersebut memang rutin dan harus menggunakan perangkat sound dalam setiap isian acaranya. Itulah mengapa, perlu spot yang tepat untuk menyimpannya karena permanen dan jarang diubah.

Tentu Anda harus bisa memilih tempat yang tepat dan nantinya bisa menghasilkan suara serta artikulasi audio dari sound system yang jelas. Usahakan agar posisi tepat sasaran dan bisa mengenai semua pendengar di dalam ruangan. Anda harus bisa menentukan titik central yang tepat, termasuk pemosisian setiap alatnya. Dari mulai Console, Sound FX, hingga Loudspeaker Manajemen System. Tidak ada salahnya jika Anda ingin meminta bantuan pada ahlinya atau kontraktor ME sekalipun jika dibutuhkan.

Instalasi Sound System Sesuai Kebutuhan

 

Instalasi Sound System Sesuai Kebutuhan

Adapun tips lain yang tidak kalah penting, pastinya perihal proses instalasi sound system. Pastikan Anda menginstal perlengkapan sound system yang memang dibutuhkan. Misalnya saja di aula, biasanya, akan ada acara apa saja yang dilakukan di dalamnya. Apakah acara besar-besaran hingga konser, atau sekadar acara ringan seperti seminar dan sebagainya.

Jika memang diperuntukan acara besar hingga konser, peralatan kompleks perlu dipasangkan. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika memang bukan acar tersebut yang akan digelar. Yang paling penting, Anda harus bisa menyeleksi beberapa alat audio yang tepat. Seperti penyeleksian mikrofon hingga jenis penggunaan signal-nya. Begitu pun dengan beberapa komponen mixing music dan lain sebagainya.

Cek Penggunaan Listrik

Tips yang satu ini tidak kalah penting, pasalnya perangkat sound system pasti memerlukan energi listrik agar bisa digunakan. Itulah mengapa, ketika Anda mengatur alat tersebut di aula atau area indoor lainnya, lihat bagaimana kondisi listriknya. Cari tahu berapa besar kapasitas daya yang dimiliki ruangan dan berapa besaran daya yang dibutuhkan untuk pemasangan sound system.

Pengecekan listrik ini harus benar-benar diperhatikan agar terhindar dari masalah kelistrikan nantinya. Untuk memperjelas masalah ini, Anda bisa berkoordinasi dengan pihak jasa instalasi listrik. Jika memang ternyata daya tidak mencukupi, maka pihak jasa bisa sekaligus menambah dayanya sesuai kebutuhan.

Bagaimana pun, pengaturan sound system untuk area outdoor dengan indoor seperti aula ini pastilah berbeda. Anda harus benar-benar mempertimbangkan segalanya dengan baik. Pun beberapa pihak lain sebaiknya ikut andil, bukan hanya operator sound system saja,  sebab pihak lain ini bisa jadi penunjang agar pengaturannya lebih tepat dan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *