Pentingnya Melapisi Lantai Beton dengan Floor Hardener

Dalam sebuah pekerjaan konstruksi, menggunakan beton sebagai salah satu material bangunan adalah hal yang wajib. Apalagi untuk konstruksi berat seperti gedung perkantoran, gedung perbelanjaan, jalan raya, jembatan, dan sebagainya, beton menjadi salah satu material wajib yang digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Beton

Beton sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan, dimana kelebihannya adalah beton yang dalam kondisi mengeras akan sangat keras dan sangat kuat. Sedangkan dalan kondisi segar, beton yang masih cair seperti bubur sangat mudah dibentuk sesuai keinginan. Saking kuatnya, beton mampu memikul beban tekan yang sangat berat dan sangat tahan terhadap serangan api dan korosi. Beton juga memiliki biaya pemeliharaan yang rendah.

 

Kelebihan dan Kekurangan Beton

Meski begitu, beton pun punya kekurangan karena saking kuatnya, jika bentuknya sudah jadi maka akan sulit untuk diubah. Padahal setelah dicampur, beton sangat cepat menjadi keras. Jika sudah mengeras sebelum pengecoran, beton sudah tidak bisa didaur ulang lagi. Beton juga bobotnya sangat berat dan memiliki daya pantul yang besar. Untuk memasangnya, dibutuhkan ketelitian tinggi agar beton bisa terpasang sempurna. Beton memang memiliki kekuatan tekan yang tinggi.

Pentingnya Floor Hardener

Pada pengerjaan lantai beton dalam sebuah proyek konstruksi, tak berhenti setelah beton sudah dicor dan dihaluskan menjadi bentuk lantai saja. Namun setelah selesai masih harus dilanjutkan dengan melapisinya dengan floor hardener. Dengan memberikan bahan pelapis ini akan membuat permukaan lantai beton menjadi lebih keras tetapi rata dan halus. Selain itu floor hardener berfungsi sebagai penguat permukaan lantai beton terhadap gesekan dan menambah ketahanan terhadap benturan. Biasanya kontraktor di Jakarta yang sudah mulai mengerjakan pelapisan lantai dengan floor hardener akan menggunakan jasa floor hardener Jakarta karena biasanya mereka lebih berpengalaman dibanding dengan pekerja borongannya sendiri.

Floor hardener merupakan bahan yang digunakan sebagai pengeras dan pelicin lantai beton yang biasanya terdiri dari pasir, grading, semen, silika, pigmen dan sebagainya. Biasanya floor hardener digunakan untuk melapisi lantai garasi, lantai parkir, area pergudangan, area pabrik atau industri dan area lain yang membutuhkan lalu lintas. Floor hardener sendiri bentuknya ada 2 macam, yakni bubuk dan cair. Sedangkan dari bahannya, dibedakan menjadi 2 yakni bahan natural dan bahan berwarna. Dari beberapa merek floor hardener yang beredar di pasaran, yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah merek Sika. Penyedia jasa floor hardener sika pun sangat banyak salah satunya dari http://rekonstruksi.com/ karena memang permintaan untuk merek ini sangat tinggi.

Alasan Penyedia Jasa Floor Hardener Sika

Penyedia jasa floor hardener sika sendiri memilih sika sebagai andalannya karena selain kualitasnya yang sudah teruji harganya juga lebih kompetitif. Floor hardener dari Sika sendiri disebut Sika Chapdur di mana bentuknya adalah bubuk siap pakai yang langsung bisa ditaburkan pada lantai beton yang masih basah untuk meningkatkan ketahanan pada abrasi/gesekan tinggi, mengurangi debu, meningkatkan ketahanan pada benturan, meningkatkan ketahanan pada minyak dan pelumas, mengandung pewarna, mudah diaplikasikan dan hasil akhir yang dicapai rata. Bahan ini juga cocok dipakai di semua lantai yang sering mendapat beban mekanis.

 

Alasan Penyedia Jasa Floor Hardener Sika

Penyedia jasa floor hardener Jakarta sendiri sudah bisa memperhitungkan jumlah kebutuhan floor hardener dengan luas area yang akan dilapisi termasuk dosis yang harus digunakan karena perbedaan kondisi lalu lintas juga mempengaruhi jumlah penggunaan floor hardener. Kondisi lalu lintas tersebut dibedakan dalam lalu lintas rendah, sedang dan tinggi dimana semakin tinggi lalu lintasnya maka dosis floor hardener yang digunakan per meternya semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *