Pentingnya Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

Semua rumah di dunia ini sesederhana apapun itu pasti selalu tersedia kamar mandi. Tentu saja ruangan yang satu ini sangat besar keberadaannya dalam rumah tangga yaitu tempat untuk membersihkan diri dan membuang hajat harian. Namun, ada juga beberapa rumah yang memisahkan fungsi kamar mandi dan toilet.

Banyak sekali penghuni rumah yang selalu fokus mempercantik desain kamar mandinya. Padahal, bagusnya kamar mandi tidak selalu identik dengan desainnya saja, tapi juga dengan perhatian si penghuni rumah terhadap kebersihan kamar mandi tersebut. Karena, bisa saja di luar terlihat bagus, tetapi serangga seperti kecoak dan kelabang masih sering muncul di lubang kamar mandi. Hal ini terjadi karena belakang toilet yang selalu kotor dan lubang yang tidak pernah dibersihkan. Pintu UPVC kamar mandi yang gampang dibersihkan juga pastinya akan menjadi kotor jika tidak pernah dibersihkan.

Selain itu, kotor kamar mandi juga disebabkan pelapukan dan karat yang terjadi pada bahan perabotan kamar mandi seperti pintu, wastafel, bak, dan lain-lain. Hal ini terjadi karena pilihan bahan yang kurang tepat. Tentu hal seperti ini mengganggu pemakai kamar mandi ketika mereka sedang melakukan aktifitas apapun di kamar mandi.

Nah, kali ini kita akan membahas pentingnya menjaga kebersihan kamar mandi serta solusi apa yang tepat untuk setiap poin yang dibahas.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kamar Mandi dan Tips Penjagaannya

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

1. Mengusir binatang mengganggu seperti kecoak dan kelabang

Dua binatang menjijikan ini selalu muncul dari lubang saluran air kamar mandi. Biasanya, kecoak menyebabkan bau yang tidak sedap sedangkan kelabang sengatannya bisa mengerikan. Untuk mencegah hal itu terjadi, pembersihan kamar mandi secara rutin harus dilakukan.

Bagaimana cara membersihkannya? Gunakanlah air karbol untuk menguras kamar mandi. Pastikan memilih produk karbol yang benar-benar dikhususkan untuk mengusir kecoak dan hewan lainnya yang mengganggu. Kalian bisa melakukannya dengan menuangkan air campuran karbol ke lantai dan menggosok-gosok lantai kamar mandi dengan sikat kamar mandi.

2. Meminimalisir perkembangbiakan rayap

Rayap biasanya bersarang pada bahan pintu kayu dan menyebabkan kekeroposan. Maka, tidak jarang kalian mendapati serpihan-serpihan kayu pada pintu berjatuhan. Ini jugalah yang menyebabkan kamar mandi tidak sedap dipandang. Maka, kalian harus sering membersihkan serpihan-serpihan kayu dan sarang-sarang rayap di pintu ini dengan cara menyiramnya dengan shower atau segayung air.

Selain itu, untuk mencegah pelapukan, sebaiknya kalian mengganti pintu kayu dengan pintu UPVC kamar mandi. Bahan ini lebih ramah lingkungan, tidak mudah mengalamai korosi, juga anti terhadap rayap.

Pintu UPVC kamar mandi juga tidak mengalami penyusutan dan tahan cuaca.

3. Mengurangi populasi nyamuk

Nyamuk biasa tumbuh dan berkembang pada tempat-tempat yang lembap dan bau. Induk nyamuk bisa meletakkan telurnya di genangan air seperti pada bak kamar mandi. Inilah yang sering kita temukan di permukaan air sebagai jentik-jentik.

Untuk mengurangi populasi tersebut, kita perlu menggunakan pengharum ruangan yang anti-nyamuk di kamar mandi. Selain itu, biasakanlah untuk menutup ember yang berisi air supaya tidak menjadi tempat nyamuk bersarang dan bertelur.

4. Mencegah tumbuhnya lumut di kamar mandi

Salah satu manfaat menjaga kebersihan kamar mandi adalah mencegah perkembangbiakan lumut yang membuat kamar mandi menjadi licin. Seperti yang kita tahu, lumut dapat tumbuh di tempat yang basah dan lembap. Bila pemakai kamar mandi menginjak lumut ini, besar kemungkinannya ia akan tergelincir dan celaka.

Nah, cara membersihkannya adalah biasakan untuk membersihkan sisa-sisa air di lantai dengan lap atau pel. Bersihkan dengan benar sampai ke belakang toilet yang bisa paling rawan ditumbuhi lumut. Selain mencegah lumut, ini juga dapat menjaga keawetan lantai dan dinding agar tidak berkarat.

Demikian pentingnya menjaga kebersihan kamar mandi untuk kebaikan seluruh penghuni rumah dan pemakai kamar mandi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *