Perbedaan Parket Solid dan Parket Laminated

Lantai adalah bagian penting dari struktur sebuah bangunan yang harus diperhatikan pembuatannya. Oleh karena itu, ketika memilih jenis lantai, sebaiknya pilihlah material yang memiliki kualitas baik dan memberikan keamanan bagi penghuni rumah. Jangan lupa juga untuk memilih lantai yang mampu memaksimalkan tampilan interior menjadi lebih manis dan elegan. Nah, salah satu jenis lantai yang bisa kamu pilih adalah lantai parket atau parquet flooring.

Parquet flooring adalah jenis lantai yang dibuat dari kepingan-kepingan kayu, dan sudah melalui tahap penekanan atau press. Jenis lantai kayu ini pun diproduksi dalam dua jenis, yakni lantai parquet kayu solid dan parquet laminated. Masing-masing jenis parquet flooring memiliki perbedaan dalam berbagai aspek. Jika tertarik untuk menggunakannya, sebaiknya ketahui dulu perbedaan keduanya.

Perbedaan Lantai Parket Solid dan Laminated

Perbedaan Parket Solid dan Parket Laminated

Berikut ini adalah beberapa perbedaan lantai parket solid dan laminated yang perlu kamu tahu. Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Bahan kayu untuk pembuatan

Perbedaan yang paling mendasar dari kedua jenis parquet flooring ini adalah terkait bahan pembuatan atau kayu yang dipakai. Untuk parquet solid, bahan yang dipakai adalah kayu asli berupa kayu jati, kayu sonokeling, kempas, ataupun kayu ulin. Kayu solid ini bisa kamu kombinasikan dengan jenis kayu lain, ataupun satu jenis kayu saja dalam satu modul. Sementara untuk jenis kayu parquet laminated, menggunakan bahan dasar berupa kayu olahan. Pada bagian atas memiliki veneer tipis, dan dibagian bawah menggunakan lapisan kayu plywood untuk menambah kekuatan.

2. Harga material parquet

Di segi harga, tentu parquet solid lebih mahal karena bahannya yang 100% dari kayu utuh serta memiliki tekstur yang keras. Berbeda dengan parquet laminated yang bisa didapatkan dengan harga murah.

3. Bunyi yang ditimbulkan

Menerapkan jenis lantai parquet, biasanya akan menimbulkan suara atau bunyi tapak pada lantai. Bunyi ini akan timbul jika kamu menggunakan lantai parquet kayu laminated. Namun jika kamu memakai lantai parquet yang solid yang pemasangannya menempel pada permukaan lantai, kamu tidak akan mendengar bunyi tapak.

4. Proses pemasangan kayu parquet

​​​Masing masing jenis parquet memiliki perbedaan terkait proses pengerjaan atau pemasangannya. Untuk jenis parquet kayu solid, pemasangan dinilai lebih kompleks dan rumit sehingga memerlukan tenaga ahli. Sementara untuk parquet olahan, proses pemasangannya cukup dengan cara diletakkan, dijajar, dipasang sistem klik, serta dilem.

5. Perawatan dan pembersihan

Bagi kamu yang menginginkan lantai bersih dan rapi tanpa harus melakukan banyak perawatan, parquet flooring bisa jadi pilihan tepat. Karena kamu hanya perlu menyapu dan mengepel lantai jika sudah tampak kotor. Cara pembersihan ini bisa kamu terapkan untuk jenis parquet solid ataupun laminated. Namun khusus untuk lantai solid, perlu sesekali membersihkannya menggunakan cairan pembersih khusus agar permukaannya tetap indah dan mengkilap.

6. Lama masa pemakaian

Keunggulan menggunakan lantai parquet, salah satunya yakni terkait masa pemakaiannya yang cukup lama atau mempunyai durabilitas tinggi. Lantai parquet solid tergolong lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan parquet olahan. Pemakaiannya bisa mencapai 50 tahun, berbeda dengan parquet laminated yang hanya bertahan sekitar 5 hingga 10 tahun pemakaian.

7. Nilai investasi atau nilai properti

Jika kamu ingin membangun rumah untuk kost, kontrakan, ataupun berinvestasi, ada baiknya jika kamu memilih jenis parquet solid. Jenis parquet ini bisa menambah nilai properti dan nilai jual, sehingga jelas lebih menguntungkan. Namun berbeda jika kamu memilih lantai parquet solid, yang tidak bisa dijadikan penambah nilai properti.

Nah, setelah mengetahui perbedaan kedua jenis lantai parket di atas, pastinya kamu sudah tahukan mana yang terbaik dan sesuai kebutuhan? Pertimbangkan perbedaan tersebut agar kamu tidak salah dalam memilih jenis parquet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *