Dekorasi Ruang Santai yang Bikin Betah di Rumah

Rumah ditujukan sebagai tempat peraduan yang nyaman dan bikin betah. Makanya rumah dibangun dengan pembagian ruang yang cermat. Ruangan ini dibagi berdasarkan fungsi yang bakal menunjang aktivitas penghuni rumah. Ada beberapa ruangan yang wajib ada, seperti kamar tidur dan kamar mandi. Tapi, yang menjadi pusat kehidupan di rumah, selain kamar, adalah ruang santai.

Ruang santai diperuntukan bagi penghuni rumah untuk berkumpul dan bersantai sembari bercengkrama. Ruangan ini menjadi sangat penting, karena akan menjadi ruangan favorit selain kamar tidur. Biasanya, ruang santai dilengkapi dengan semua fasilitas pendukung yang membuat nyaman, seperti karpet tile murah yang nyaman.

Ruang santai termasuk ruang personal bagi pemilik rumah. Sehingga harus didekorasi dengan cermat juga. Dekorasi ruangan yang tepat akan menimbulkan perasaan nyaman. Ruang santai yang rapi dan bersih akan membantu memelihara kesehatan psikologis dan mental penghuninya. Yang pasti sih, kamu jadi bakal betah bersantai seharian di rumah.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Dekor Ruang Santai

Meski sehari-hari menghabiskan banyak waktu di ruang santai, faktanya 80% orang ternyata tidak puas dengan ruang santai mereka. Kebanyakan mengeluhkan dekorasi dan furniturnya. Nah, biar kamu nggak bernasib sama, simak dulu elemen wajib untuk memiliki ruang santai yang nyaman dan bikin rileks.

1. Karpet

 

Karpet

Kenyamanan ruang santai ditentukan oleh karpet yang menghiasnya. Gak cuma sekedar cantik aja, pastikan memilih material karpet yang mudah untuk dibersihkan. Kamu bisa memilih karpet tile. Sesuai namanya, karpet ini berbentuk persegi layaknya ubin. Ada banyak banget keuntungan menggunakan karpet tile:

  • Mudah untuk dikreasikan. Variasi warna dan tekstur yang beragam membuat karpet tile bisa dikreasikan sesuai dengan tema ruang santai.
  • Mudah diganti dan dibersihkan. Berbeda sama karpet roll, saat terkena noda bandel, pengguna karpet tile cukup mengganti bagian yang kotor saja. Tidak harus mengganti satu karpet utuh.
  • Mudah dipasang. Karpet tile bahkan bisa dipasang di ruangan yang punya desain dan bentuk yang rumit dan tidak biasa.
  • Nyaman dan hangat.
  • Tahan hingga 14 sampai dengan 17 tahun.
  • Harga karpet tile memang terbilang lebih tinggi daripada karpet roll. Tapi, dengan daya tahan yang lebih lama, karpet tile bisa jadi investasi terbaik. Lagipula, siapa tau kamu bisa mendapatkan harga terbaik di tempat jual karpet tile.

Selain material karpet, penataan karpet untuk ruang santai juga harus diperhatikan nih. Jangan sampai ukurannya lebih kecil daripada kursi malas di dalam ruangan.

2. Kursi malas

 

Kursi malas

Namanya ruang santai, rasanya nggak lengkap tanpa kehadiran furnitur untuk bermalas-malasan. Biasanya sih banyak yang memilih sofa bed. Sofa bed menjadi furnitur ideal karena multifungsi. Bisa dipakai untuk duduk ataupun berbaring. Tapi sebenarnya, perabot ruang santai nggak melulu sofa kok. Kamu bisa memilih furnitur yang lain, seperti:

  • Bean bag

 

Bean bag

Kenyaman bean bag yang melegenda membuatnya sering dipakai menjadi furnitur untuk ruang komunal di atas karpet kantor atau ruang publik. Gak ada salahnya kan, kalau kamu punya satu di rumah.

  • Hammock

 

Hammock

Biar makin santai kayak di pantai, ruang santai rumah kamu juga bisa ditambahi hammock. Selain jadi dekorasi yang atraktif, ayunan lembut hammock bakal mengusir stress kamu.

3. Entertainment

 

ruang santai dengan aneka hiburan

Biar makin rileks, pastikan kamu mengisi ruang santai dengan aneka hiburan. Mulai dari televisi, home theater dan konsol video game. Gak cuma itu, kamu juga bisa menyimpan koleksi pribadi seperti buku, komik, gramofon dan piringan hitam. Atau bahkan menaruh koleksi tanaman hijau khusus indoor.

4. Lokasi Ruang Santai

 

Lokasi Ruang Santai

Kamu bisa membuat ruang santai dimana pun loh! Cukup pastikan saja karpet, kursi malas dan fasilitas entertainmentnya tersedia. Bisa di atas loteng, atap maupun di bawah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *